Kebijakan Privasi & Ketentuan Layanan
Mohon Dibaca Sampai Akhir!
Kebijakan Privasi QOIN
PT Qoin Digital Indonesia (“QOIN” atau “Kami”) selalu memprioritaskan kenyamanan dan keamanan data pengguna. Pada kebijakan privasi ini akan dijelaskan secara transparan bagaimana cara QOIN mengumpulkan, mendapatkan, menyimpan, mengolah, menampilkan, dan menggunakan data pribadi Anda. Dengan menggunakan QOIN maka Anda mengakui bahwa Anda telah membaca, memahami dan menyetujui seluruh ketentuan yang terdapat pada kebijakan privasi, dan merupakan satu kesatuan dengan Ketentuan Layanan QOIN.
- Data Pribadi
- Perolehan dan Pengumpulan Data Pribadi
- Informasi yang didapatkan pengguna (secara langsung atau tidak langsung) ketika mendaftar/membuat akun QOIN termasuk nama, nomor handphone, email, data identitas (KTP) untuk upgrade akun QOIN (“Informasi Pendaftaran”).
- Informasi yang didapatkan (secara langsung atau tidak langsung) selama pengguna menggunakan aplikasi QOIN, termasuk nomor rekening bank pengguna, informasi tagihan, pengiriman, dan data transaksi (“Informasi Rekening”).
- Penggunaan Data Pribadi
- Melakukan verifikasi kelayakan, kesesuaian data, atau verifikasi apapun untuk menggunakan fitur-fitur dan fungsi-fungsi dalam aplikasi QOIN yang diperlukan sebelum memberikan layanan kepada pengguna atau sebelum QOIN mendaftarkan pengguna dan tidak terbatas pada proses Mengenal Pelanggan (Know Your Customer).
- Mengidentifikasi, memproses, memelihara, dan mengelola data pendaftaran akun QOIN pengguna.
- Memproses dan mengelola saldo QOIN pengguna (QOIN Cash).
- Menyediakan layanan yang berkaitan dengan penggunaan akun QOIN untuk memfasilitasi pembayaran, pembelian, mengirimkan pemberitahuan tentang transaksi-transaksi dan tagihan-tagihan pengguna dan menjawab pertanyaan, masukan, keluhan, tuntutan atau perselisihan dari pengguna.
- Menyediakan layanan yang berkaitan dengan penggunaan aplikasi QOIN untuk mempermudah dalam identifikasi pengguna aplikasi QOIN lain saat melihat buku alamat (kontak) telepon selular pengguna melalui aplikasi.
- Meningkatkan dan mengembangkan layanan-layanan kami melalui penelitian dengan pengembangan fungsi-fungsi baru atau produk dan layanan-layanan baru lainnya yang mungkin akan ditawarkan dari waktu ke waktu.
- Melakukan penelitian, analisis atau survei untuk mengelola dan melindungi bisnis QOIN termasuk infrastruktur teknologi informasi, untuk mengukur kinerja aplikasi QOIN dan layanan-layanan lain yang ditawarkan serta untuk memastikan kepuasan layanan QOIN.
- Melakukan analisis trend, penggunaan dan perilaku-perilaku lainnya (baik secara individual atau secara keseluruhan) yang membantu untuk memahami bagaimana pengguna mengakses serta menggunakan aplikasi QOIN dan kegiatan komersial yang dilakukan melalui aplikasi QOIN, termasuk untuk meningkatkan layanan dan tanggapan terhadap pertanyaan serta preferensi pelanggan.
- Mengacu kepada diperolehnya persetujuan dari pengguna sesuai dengan hukum yang berlaku maka kami dapat menggunakan data pribadi untuk memberikan informasi pemasaran langsung kepada pengguna sehubungan dengan layanan yang kami tawarkan menggunakan data pribadi pengguna untuk menghubungi melalui telepon, pesan singkat (SMS), dan surel (email).
- Mengelola risiko, melakukan pengecekan, menilai, mendeteksi, menyelidiki, mencegah dan/atau memperbaiki penipuan atau kegiatan-kegiatan yang berpotensi melanggar atau yang melanggar peraturan perundang-undangan dan kepentingan QOIN, ataupun untuk melindungi integritas platform teknologi informasi kami.
- Mendeteksi, menyelidiki, mencegah atau memperbaiki pelanggaran-pelanggaran atas Ketentuan Layanan, Kebijakan Privasi, dan semua kebijakan internal QOIN yang berlaku dari waktu ke waktu, undang-undang atau peraturan yang terkait.
- Melakukan pengungkapan sebagaimana yang mungkin disyaratkan oleh undang-undang atau peraturan dari suatu negara manapun yang berlaku terhadap kami atau afiliasi kami, pejabat pemerintah atau pihak ketiga, termasuk asosiasi kartu atau jaringan pembayaran lainnya serta asosiasi industri lain yang relevan. Pengungkapan juga dapat dilakukan sehubungan dengan panggilan pengadilan, putusan dan/atau perintah pengadilan, perintah aparat penegak hukum yang berwenang dalam rangka penyidikan, penyelidikan, atau proses hukum lainnya atau suatu persyaratan di suatu negara manapun yang berlaku kepada kami atau afiliasi kami (termasuk persyaratan pelaporan anti-pencucian uang dan anti-pendanaan terorisme).
- Melakukan suatu pengungkapan untuk mencegah terjadinya suatu bahaya atau kerugian keuangan untuk melaporkan setiap dugaan kegiatan illegal atau untuk menghadapi setiap gugatan atau potensi gugatan yang diajukan terhadap kami atau afiliasi kami.
- Memberitahu pengguna mengenai segala pembaruan pada aplikasi QOIN atau perubahan pada layanan QOIN.
- Mengembangkan dan meningkatkan kualitas aplikasi untuk memenuhi kebutuhan dan preferensi pengguna QOIN terhadap layanan-layanan yang dimiliki atau pengembangan kedepannya.
- Menawarkan atau menyediakan layanan dari mitra-mitra ataupun afiliasi yang bekerja sama dengan QOIN kepada pengguna.
- Mengirimkan informasi, iklan, survei, promo, voucher, dan informasi-informasi lainnya yang dinilai relevan oleh QOIN kepada pengguna.
- Memberikan bantuan teknis atau untuk menyelesaikan hambatan teknis dan masalah operasional yang terjadi di aplikasi QOIN.
- Untuk tujuan bisnis lain yang sah seperti melindungi pengguna aplikasi QOIN dari kerugian, melindungi nyawa, menjaga keamanan produk dan sistem kami dan melindungi kepentingan, hak, dan/atau properti kami lainnya.
- Pengungkapan Data Pribadi
- Data pribadi pengguna yang tersimpan akan dijaga kerahasiaannya, namun kami dapat memberikan dan membagikan data pribadi pengguna (setelah mendapatkan persetujuan dari pengguna) kepada pihak-pihak berikut untuk tujuan-tujuan sebagaimana diatur dalam ketentuan Bagian 3 di atas:
- Perusahaan anggota grup QOIN dan perusahaan yang memiliki hubungan afiliasi dengan anggota grup QOIN.
- Penyedia layanan pihak ketiga yang bekerja sama dengan QOIN dalam menyediakan layanan kami untuk pengguna termasuk untuk mencegah penipuan, pengumpulan tagihan, memasukkan data, manajemen database, promosi, pemasaran, riset, survey, pelayanan pelanggan, layanan teknologi, pemberitahuan produk dan layanan serta layanan perpanjangan pembayaran.
- Entitas-entitas dengan siapa kami memiliki hubungan referensi bisnis atau perjanjian-perjanjian komersial lainnya termasuk pihak ketiga dan entitas-entitas yang sepenuhnya atau sebagian dimiliki oleh PT Qoin Digital Indonesia.
- Merchant dan organisasi lain, seperti asosiasi kartu, jaringan pembayaran atau institusi keuangan, kepada atau melalui siapa pembayaran-pembayaran tersebut dilakukan dengan menggunakan QOIN, atau entitas-entitas lainnya yang memungkinkan penggunaan aplikasi QOIN.
- Institusi keuangan pihak ketiga, bank dan lembaga pembiayaan.
- Penasihat profesional, lembaga penegak hukum, perusahaan asuransi, pemerintah dan pihak berwenang atau instansi lainnya dimana PT Qoin Digital Indonesia berkewajiban untuk melakukan pengungkapan sesuai kebutuhan, permintaan yang sah, dan hukum yang berlaku, peraturan atau pengaturan komersial, termasuk pengaturan dengan asosiasi kartu atau jaringan pembayaran ataupun asosiasi industri lain yang relevan.
- QOIN juga dapat memberikan dan membagikan data pribadi pengguna dengan pihak-pihak yang disebutkan di atas untuk tujuan sebagai berikut ini:
- Untuk meningkatkan kualitas layanan QOIN kepada pengguna;
- Jika disyaratkan atau diperbolehkan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku atau atas perintah dan/atau permintaan resmi dari otoritas, lembaga, institusi negara, dan/atau aparat penegak hukum;
- Untuk keperluan proses hukum dalam bentuk/hal apapun antar QOIN dengan pengguna;
- Untuk tujuan audit, baik rutin maupun insidentil jika diperlukan dari waktu ke waktu;
- Untuk keperluan pencatatan, pendaftaran, ataupun perizinan yang diperlukan untuk kegiatan usaha QOIN;
- Untuk segala proses verifikasi/validasi yang diperlukan sebelum mendaftarkan pengguna sebagai pengguna, termasuk proses Mengenal Pelanggan (Know Your Customer).
- QOIN tidak akan menjual/menyewakan/menyebarkan data pribadi pengguna kepada pihak lain selain yang disebutkan pada bagian D poin 1.
- Kegiatan Pemasaran Langsung
- Data pribadi tertentu yang kami peroleh dari waktu ke waktu dapat digunakan dalam kegiatan pemasaran langsung dan promosi.
- Kami dapat memasarkan barang dan layanan yang kami yakini relevan untuk pengguna, yang mana persetujuan lanjutan dari pengguna secara spesifik akan didapatkan. Hal ini termasuk barang dan layanan yang ditawarkan oleh kami, afiliasi kami manapun, rekanan bisnis kami atau pihak ketiga yang telah dipilih, termasuk namun tidak terbatas pada produk pembayaran dan keuangan.
- Kami dapat memberikan data pribadi pengguna kepada pihak ketiga tertentu untuk digunakan dalam memasarkan barang dan layanan mereka, termasuk (i) afiliasi kami, (ii) rekanan bisnis, dan (iii) pihak ketiga lainnya.
- Persetujuan pengguna atas penggunaan data pribadi pengguna untuk tujuan pemasaran langsung akan didapatkan dengan cara memilih untuk memberikan tanda centang pada kotak atau indikasi positif lainnya yang menunjukkan persetujuan dan/atau tidak adanya keberatan.
- Setiap saat pengguna tidak ingin melanjutkan, menggunakan atau memberikan data pribadi pengguna kepada pihak lain untuk digunakan dalam pemasaran langsung sebagaimana dijelaskan di atas dan dalam persetujuan yang terkait maka pengguna dapat menggunakan hak “opt-out” dengan memberitahukan maksud tersebut kepada kami melalui saluran komunikasi yang kami sediakan.
- Tindakan Keamanan dan Penyimpanan
- Layanan Pihak Ketiga dan Situs Web
- Perubahan atas Kebijakan Privasi ini
- Berhenti Menerima Email
- Ketentuan Lain
- Peraturan Data Pribadi ini tunduk, diatur, dan dilaksanakan sesuai dengan hukum Republik Indonesia.
- Jika terjadi perselisihan dalam interpretasi dan implementasi Peraturan Data Pribadi ini, pengguna dan PT Qoin Digital Indonesia setuju untuk menyelesaikannya dengan musyawarah. Jika dalam jangka waktu 30 (tiga puluh) hari kerja pengguna dan PT Qoin Digital Indonesia tidak dapat mencapai suatu kesepakatan melalui musyawarah tersebut, maka perselisihan tersebut akan diselesaikan dengan merujuk pada Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.
- Peraturan Data Pribadi ini dibuat dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Dalam hal terjadi inkonsistensi dan/atau pertentangan antara versi bahasa Inggris dan versi bahasa Indonesia, maka versi Bahasa Indonesia yang akan berlaku dan versi Bahasa Inggris akan dianggap menyesuaikan dengan versi Bahasa Indonesia.
- Kami akan menerapkan sistem pengamanan informasi yang kami anggap memadai dan sesuai dengan standar industri atau peraturan perundang-undangan. Namun, transmisi informasi melalui saluran komunikasi tidak sepenuhnya aman dan bebas dari celah. Dengan demikian, setiap transmisi informasi oleh pengguna kepada kami memiliki risiko keamanan, dalam hal mana risiko tersebut ditanggung oleh pengguna. Kami tidak menjamin keamanan database kami dan kami juga tidak menjamin bahwa data yang pengguna berikan sepenuhnya tidak akan tertahan/terganggu saat sedang dikirim kepada kami.
- Pernyataan
- Menjaga Keamanan Data Anda
- Penyimpanan, Akses, Koreksi, Pembaharuan, dan Penghapusan Data Anda
- QOIN menyimpan data pribadi anda sebagai pengguna selama diperlukan untuk menyediakan layanan QOIN dan untuk tujuan bisnis yang sah dan penting, diantaranya:
- Dalam rangka mempertahankan kinerja dan kualitas layanan pada fitur-fitur QOIN;
- Dalam rangka membuat keputusan bisnis berdasarkan data yang anda berikan untuk pengembangan produk-produk dan kualitas pelayanan kami;
- Dalam rangka menyelesaikan masalah yang belum terselesaikan terkait akun anda, seperti chargeback, refund, ataupun sengketa lain, dimana kami akan menyimpan data pribadi anda sampai masalah tersebut terselesaikan;
- Dalam rangka memenuhi kewajiban hukum, pajak, audit, dan akuntansi kami, kami akan menyimpan data pribadi yang diperlukan selama periode yang disyaratkan berdasarkan hukum yang berlaku; dan
- Atau untuk tujuan lain seperti yang telah disebutkan diatas selama diperlukan untuk kepentingan bisnis kami yang sah, seperti untuk mencegah penipuan atau menjaga keamanan anda sebagai pengguna QOIN.
- Anda memiliki hak untuk meminta akses terhadap historis data pribadi yang pernah diserahkan kepada kami. Dalam hal demikian, kami akan menyediakan informasi tersebut dengan format yang kami tentukan, dengan memperhatikan kompatibilitas dan praktik yang wajar. Anda dapat menyampaikan permintaan akses tersebut melalui Help Center yang tersedia di aplikasi QOIN, atau informasi kontak yang disediakan pada Bagian O.
- Anda memiliki hak melakukan koreksi atau memperbarui data pribadi yang pernah diserahkan kepada kami. Anda dapat melakukan koreksi atau pembaharuan tersebut melalui aplikasi QOIN atau melalui Help Center yang tercantum di aplikasi QOIN atau informasi kontak yang disediakan pada Bagian O.
- Anda memiliki hak untuk meminta penghapusan terhadap data pribadi yang pernah diserahkan kepada kami yang sudah tidak relevan, sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Anda dapat menyampaikan permintaan penghapusan tersebut melalui Help Center yang tercantum di aplikasi QOIN atau informasi kontak yang disediakan pada Bagian O.
- Qoin QRIS
- Cara Kerja QRIS.
- Pada saat pengguna mengakses fitur QRIS, Sistem akan meminta persetujuan pengguna terhadap akses kamera yang nantinya digunakan untuk kebutuhan pada saat pengguna menggunakan layanan QRIS.
- Pengguna pengguna dapat memindai QRIS merchant untuk mendapatkan informasi merchant yang akan dibayar.
- Setelah itu, pengguna memasukkan nominal pembayaran
- Setelah nominal pembayaran terisi, pengguna diarahkan ke halaman konfirmasi pembayaran dan diminta untuk memasukkan PIN untuk melanjutkan pembayaran
- Pengumpulan dan Penggunaan Informasi.
- Informasi untuk kebutuhan Registrasi:
- KTP
- Cover Buku Rekening
- Foto Toko / Screenshoot Web / URL Web
- Logo (Opisional)
- KTP Direktur
- NPWP Perusahaan
- NIB Perushaan
- Akta & SK Menkumham -> Pendirian & yang terbaru
- Screenshoot Rekening
- Foto Toko / Screenshoot Web / URL Web
- Logo (Opisional)
- Informasi dan Data Perangkat:
- Akses izin Media dan File : QRIS akan membuka media file penyimpanan pada perangkat pengguna pada saat pengguna mempunyai kebutuhan untuk mengunduh file dan ekspor laporan transaksi.
- Penggunaan Data
- Menampilkan informasi seputar QRIS
- Menampilkan informasi promo
- Menampilkan informasi transaksi
- Menampilkan informasi pencairan dana
- Perlindungan Data Pengguna
- Akses dan Perizinan Pengguna pada perangkat
- Akses foto camera
- Akses kamera file diperlukan supaya QRIS dapat mengakses camrea dari device. Hal ini bertujuan supaya: Scan QR.
- Media dan file diperlukan supaya QRIS dapat mengakses foto dan file yang ada di dalam penyimpanan perangkat. Hal ini bertujuan supaya: Pengguna dapat mengunggah file Softcopy QRIS.
- Bagaimana izin akses digunakan
- Persetujuan
- Menyetujui QRIS untuk mengumpulkan, menggunakan, membagikan dan/atau mengolah data pribadi yang disebutkan di atas untuk tujuan seperti yang dijelaskan di atas.
- Menyetujui untuk menerima informasi terkait kebutuhan pengguna dari QRIS.
- Informasi Lebih Lanjut
Aplikasi QOIN disediakan gratis bagi pengguna yang sudah terdaftar. Siapa pun dapat mendaftar untuk memiliki akun pada aplikasi QOIN. Data pribadi termasuk tetapi tidak terbatas pada nama, nomor handphone, email, data identitas (KTP) khusus untuk pengguna yang ingin upgrade akun ke QOIN Premium, dan data yang menyangkut informasi mengenai kegiatan transaksi pada aplikasi QOIN.
QOIN akan mengumpulkan data pribadi dari pengguna pada setiap saat namun tidak terbatas pada saat membuat akun, melakukan upgrade akun, dan melakukan transaksi di dalam aplikasi QOIN. Data pribadi yang dikumpulkan di antaranya data sehubungan dengan:
QOIN dapat mengolah, menganalisis, dan/atau menggunakan data pribadi Anda untuk tujuan sebagai berikut maupun tujuan lain yang diizinkan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku, di antaranya:
QOIN juga dapat menggunakan data pribadi pengguna dengan cara lain, yang akan disertai dengan pemberitahuan khusus pada saat pengumpulan data tersebut untuk disetujui oleh pengguna.
Seperti yang tertera pada bagian 3 di atas QOIN dapat menggunakan data pribadi pengguna untuk pemasaran langsung (Direct Marketing). Maka pengguna diminta untuk memberikan persetujuan terhadap segala aktivitas yang terkait dengan pemasaran yang akan dilakukan oleh QOIN sesuai dengan lingkup dan cara yang sesuai dan memenuhi semua persyaratan yang ditetapkan. Jika pengguna sudah memberi persetujuan atau izin, maka harus memperhatikan hal - hal berikut:
Kami mengambil semua langkah yang wajar dan semaksimal mungkin termasuk memberikan perlindungan teknis, administrasi dan fisik untuk membantu melindungi data pribadi pengguna yang kami proses dari suatu resiko kehilangan, penyalahgunaan dan akses tanpa izin, pengungkapan, perubahan dan penghancuran yang tidak diinginkan.
Kami akan menyimpan dan memastikan penyedia layanan kami untuk menyimpan data pribadi pengguna hanya selama dibutuhkan untuk tujuan-tujuan yang sudah ditetapkan dalam pemberitahuan ini dan sesuai dengan persyaratan dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku.
Data pribadi pengguna hanya akan disimpan selama diperlukan untuk memenuhi tujuan dari pengumpulannya atau selama penyimpanan tersebut diwajibkan atau diperbolehkan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku.
Bagi pengguna yang terdaftar pada QOIN maka informasi pendaftaran dan informasi akun pengguna (jika ada) dapat dilihat dan diubah dalam aplikasi QOIN melalui akun pengguna, yang dilindungi oleh kata sandi, kode PIN, atau metode pengamanan lainnya. Kami mengingatkan kembali kepada pengguna untuk tidak mengungkapkan kata sandi atau kode PIN atau kunci pengamanan lain milik pengguna kepada pihak manapun. Karyawan, petugas, agen, dan perwakilan kami tidak mengetahui dan tidak akan pernah meminta kata sandi pengguna dalam komunikasi melalui telepon yang tidak diminta atau melalui media email yang tidak diminta. Jika pengguna menggunakan perangkat yang dapat digunakan oleh orang lain (perangkat publik), maka pengguna harus memilih untuk tidak menyimpan informasi login pengguna (misalnya: ID pengguna dan kata sandi) pada perangkat tersebut. Anda bertanggung jawab untuk menjaga kerahasiaan detail akun anda, termasuk kata sandi, kode PIN, dan One Time Password (OTP) dari siapapun dan bertanggung jawab atas keamanan perangkat yang Anda gunakan.
Aplikasi QOIN mungkin menyediakan tautan ke situs web dan layanan lain (termasuk aplikasi yang dioperasikan oleh pihak ketiga) untuk kemudahan dan informasi pengguna. Layanan dan situs web ini dapat beroperasi secara independen dari kami dan mungkin memiliki pemberitahuan atau kebijakan privasinya sendiri, kami sarankan pengguna untuk membaca terlebih dahulu sebelum menggunakan layanan mereka atau melakukan kegiatan apa pun di situs web tersebut. Penyediaan tautan ke situs web dan layanan lain sifatnya hanya merupakan informasi saja. Kami tidak memberikan dukungan atau jaminan apapun terhadap konten dan informasi yang dimuat dalam tautan tersebut. Terhadap situs web yang pengguna kunjungi yang tidak dimiliki atau dikendalikan oleh kami, kami tidak bertanggung jawab atas isi, praktik privasi, dan kualitas layanan tersebut.
QOIN memegang hak eksklusif untuk mengubah, menambah, dan/atau merevisi pemberitahuan dan informasi terkait Kebijakan Privasi ini dari waktu ke waktu, dalam hal mana pengguna akan diminta untuk memberikan persetujuan terhadap Kebijakan Privasi yang telah diubah, ditambah, dan/atau direvisi. Apabila pengguna tidak memberikan persetujuan terhadap Kebijakan Privasi yang telah diubah, ditambah, dan/atau direvisi tersebut, maka QOIN memiliki kewenangan penuh untuk menghentikan penyediaan layanan-layanan dalam aplikasi QOIN kepada pengguna. Anda setuju bahwa anda bertanggung jawab untuk meninjau Kebijakan Privasi ini secara berkala untuk mendapatkan informasi terbaru mengenai pengolahan data dan praktik perlindungan data.
Kami memiliki kebijakan untuk memilih masuk atau keluar dari basis data. Jika pengguna ingin berhenti menerima email dari kami, dapat mengklik tautan berhenti berlangganan yang disertakan dalam setiap email.Namun demikian, dari waktu ke waktu kami dapat mengirimkan e-mail, SMS, atau komunikasi lainnya yang kami anggap perlu untuk tujuan penyediaan layanan, dan bukan merupakan promosi. Anda tidak dapat memilih untuk tidak menerima e-mail, SMS, atau komunikasi lain tersebut.
Dengan menggunakan aplikasi QOIN, pengguna mengakui bahwa pengguna telah membaca dan memahami Peraturan Data Pribadi ini dan menyetujui pengumpulan, penggunaan, pengolahan, penyimpanan, pengungkapan, dan penghapusan data pribadi sebagaimana diatur dalam Kebijakan Privasi ini.
QOIN berkomitmen untuk melindungi data pribadi anda sebagai pengguna kami dimana kami berusaha mengimplementasikan langkah teknis sebaik mungkin, sesuai dengan standar industri atau peraturan perundang-undangan, untuk melindungi keamanan data pribadi anda. Namun, sebagai pengguna, anda harus memahami bahwa tidak ada sistem yang sepenuhnya aman. Oleh karena itu, sebagai pengguna, anda wajib menerapkan langkah-langkah untuk melindungi Akun QOIN pengguna dengan menjaga penguasaaan nomor ponsel dan perangkat yang digunakan untuk mengakses aplikasi QOIN, serta menggunakan serta merahasiakan kata sandi dan/atau kode PIN yang kuat dan unik untuk mencegah akses yang tidak diinginkan.
QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) merupakan standarisasi pembayaran menggunakan metode QR Code dari Bank Indonesia agar proses transaksi dengan QR Code menjadi lebih mudah, cepat, dan terjaga keamanannya. Dengan menggunakan QRIS maka Anda mengakui bahwa Anda telah membaca, memahami dan menyetujui seluruh ketentuan yang terdapat pada kebijakan privasi, dan merupakan satu kesatuan dengan Ketentuan Layanan di QOIN
Untuk bisa menggunakan QRIS Acquirer merchant QoinHub harap mendaftarkan data untuk bisa masuk ke aplikasi, Pendaftaran QRIS Acquirer dapat dilakukan menggunakan Goggle Form atau Form Registrasi yang akan kami kirimkan melalui email.
Berikut dokumen merchant yang dibutuhkan untuk integrasi ke Qoin untuk perorangan :
Jika mendaftarkan data perusahaan untuk bisa ingtegrasi ke Qoin yang dibutuhkan :
QOIN akan menyimpan informasi atau akses saat pengguna menggunakan aplikasi, seperti data perusahaan , data pengguna saat registrasi, data detail usaha, data transaksi scan QRIS, dan akses media dan file.
Perihal akses penting pada perangkat yang digunakan untuk merchant QoinHub menggunakan pembayaran QRIS diantaranya sebagai berikut :
Aplikasi QRIS akan mengolah dan menggunakan data pengguna untuk pembuatan QRIS, memberikan layanan mencatat transaksi, pencairan dana. Data yang telah diambil akan diolah dan dianalisis di server untuk menghasilkan informasi yang nantinya akan diberikan kepada pengguna. Data dan akses yang tersimpan akan diolah untuk kebutuhan:
Data disimpan aman dalam format terenkripsi dan tidak akan dibagikan kepada pihak lain. Aplikasi hanya akan merekam dan mengolah data pengguna untuk kebutuhan transaksi penjualan dari perusahaan yang telah mendaftar pada QRIS.
Untuk perangkat Android, QRIS akan membutuhkan izin (permission) akses untuk:
Ketika pengguna melakukan singkronisasi setelah login maka aplikasi akan membuka media penyimpanan perangkat dan mengunggah file QRIS pada perangkat. Ketika pengguna melakukan kebutuhan untuk mengunggah file softcopy QRIS, QRIS akan membuka media penyimpanan perangkat akan menampilkan file, foto atau gambar yang bisa dipilih oleh pengguna.
Degan melakukan pendaftaran QRIS Acquirer untuk menjadi pengguna layanan QOIN dan melakukan scan transaksi untuk QRIS Issuer berarti pengguna layanan Qoin menyatakan dan mengakui telah menyetujui seleuruh ketentuan yang diatur dalam syarat dan ketentuan dibawah ini :
Data-data tersebut disimpan secara terenkripsi di server Qoin yang aman dan tidak dibagikan ke publik.
Apabila pengguna hendak mengajukan pertanyaan atau menyampaikan keluhan, silahkan menghubungi Customer Care QOIN dibawah ini:
PT Qoin Digital Indonesia (QOIN)
Gedung Lot 18 Parc Place Tower A (SCBD)
Jl. Jend Sudirman Kav. 52-53, Senayan, Kebayoran Baru Jakarta Selatan 12190
PT Qoin Digital Indonesia (QOIN)
Gedung Lot 18 Parc Place Tower A (SCBD)
Jl. Jend Sudirman Kav. 52-53, Senayan, Kebayoran Baru Jakarta Selatan 12190
Hari Kerja
: Senin – Jumat
Jam Kerja
: 09.00 - 18.00 WIB
Call Center (24 Jam)
: 085592013040
WhatsApp
Email
Ketentuan Layanan QOIN
Ketentuan Layanan yang ditetapkan dibawah ini mengatur pemakaian layanan yang ditawarkan oleh PT Qoin Digital Indonesia (“QOIN” atau “Kami”).
Sebelum menggunakan layanan QOIN pengguna diwajibkan untuk membaca keseluruhan Ketentuan Layanan QOIN. Jika memiliki pertanyaan pengguna dapat menghubungi customer care QOIN. Ketentuan Layanan ini mengatur pengguna serta akses pengguna terhadap aplikasi, website, konten, layanan-layanan dan jasa-jasa pembayaran yang disediakan oleh QOIN. Dengan menggunakan aplikasi QOIN maka pengguna dinyatakan setuju untuk mematuhi “Ketentuan Layanan QOIN” (atau disebut dengan "Ketentuan Layanan") serta Kebijakan Privasi QOIN.
- Defisi
- QOIN adalah uang elektronik yang dapat digunakan untuk berbagai macam transaksi finansial. QOIN juga menjamin keamanan data akun pengguna karena satu identitas hanya dapat digunakan untuk akun.
- Akun QOIN adalah seluruh pengguna yang terdaftar di aplikasi QOIN. Akun QOIN digunakan oleh pengguna sebagai akses masuk dan untuk memanfaatkan fasilitas atau layanan-layanan QOIN. Akun QOIN terbagi 2 (dua) yaitu QOIN Basic untuk pengguna yang belum melalui proses Mengenal Pelanggan (Know Your Customer) dan QOIN Premium untuk pengguna yang sudah melalui proses Mengenal Pelanggan (Know Your Customer).
- Pengguna atau Pengguna QOIN adalah setiap orang yang terdaftar sebagai pemilik akun QOIN dan pemilik saldo QOIN (QOIN Cash).
- Saldo QOIN (QOIN Cash) adalah jumlah uang elektronik yang tersimpan di aplikasi QOIN dan dapat digunakan untuk melakukan transaksi di QOIN.
- Transaksi adalah seluruh transaksi yang dapat dilakukan oleh Pengguna menggunakan QOIN, baik di dalam wilayah Indonesia maupun di luar wilayah Indonesia (sebagaimana relevan), baik yang telah tersedia melalui fitur-fitur pada aplikasi QOIN, maupun transaksi yang akan dikembangkan di masa yang akan datang.
- Ketentuan Umum
- Pengguna baru dapat menggunakan akun QOIN setelah menyetujui Syarat & Ketentuan dan Kebijakan Privasi, kemudian melakukan aktivasi atau pendaftaran dengan menggunakan nomor handphone serta memberikan informasi yang dibutuhkan.
- Setiap nomor handphone hanya dapat digunakan untuk 1 (satu) akun QOIN.
- Pengguna dapat menggunakan layanan dan melakukan transaksi apapun apabila memiliki nominal saldo QOIN (QOIN Cash) yang mencukupi. Jumlah QOIN Cash dibatasi per-status akun yaitu:
- Rp2.000.000 (dua juta Rupiah) untuk pengguna QOIN Basic;
- Rp10.000.000 (sepuluh juta Rupiah) untuk QOIN Premium; atau
- Jumlah lainnya sebagaimana ditentukan dari waktu ke waktu sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
- Batas maksimum transaksi yang bersifat incoming (masuk) dalam 1 (satu) Akun QOIN pada 1 (satu) bulan adalah Rp20.000.000 (dua puluh juta Rupiah).
- Transaksi dapat dilakukan penolakan apabila sewaktu-waktu sistem keamanan QOIN menemukan dan menganggap bahwa transaksi yang dilakukan tidak wajar.
- Aktivasi QOIN
- Mengunduh aplikasi QOIN melalui Google Play Store (untuk Android) dan App Store (untuk IOS) dan melakukan instalasi aplikasi QOIN;
- Setelah selesai melakukan instalasi pengguna dapat melakukan proses registrasi dengan mengikuti petunjuk dan memasukkan data antara lain:
- Nama Pengguna,
- Nomor ponsel aktif,
- OTP (One Time Password) yang dikirimkan ke nomor ponsel
- PIN (6 digit angka)
- Apabila pengguna ingin upgrade Akun menjadi QOIN Premium, maka pengguna akan diminta verifikasi data identitas (KTP) dan mengikuti seluruh instruksi upgrade akun.
- Pengguna wajib menjamin informasi dan data yang diberikan adalah benar dan akurat dalam rangka registrasi akun QOIN Basic maupun verifikasi akun QOIN Premium.
- Otentikasi dan Verifikasi
- OTP (One Time Password)
- OTP (One Time Password) adalah kode sandi yang dikirimkan melalui Layanan WhatsApp dan Telepon ke nomor telepon pengguna yang terdaftar di aplikasi QOIN. OTP berfungsi untuk melakukan verifikasi atas transaksi atau aktivitas tertentu yang dilakukan melalui aplikasi QOIN.
- Pengguna dapat meminta kode OTP sebanyak 3 kali/hari, dimana masing-masing pengiriman kode OTP diberikan jeda 5 menit. Jika pengguna sudah mencapai limit maksimal permintaan OTP per hari, pengguna dapat meminta ulang OTP di hari berikutnya. Masa berlaku OTP adalah 10 menit dan hanya bisa digunakan 1 kali verifikasi saja. Jika pengguna melakukan permintaan kode OTP lebih dari satu kali maka OTP sebelumnya akan dianggap kedaluwarsa dan tidak dapat digunakan.
- Pengguna QOIN wajib menjaga kerahasiaan kode OTP dan tidak membagikan kode OTP kepada siapa pun.
- Kerugian yang timbul akibat kegagalan/kelalaian pengguna dalam menjaga kerahasiaan dan keamanan OTP merupakan tanggung jawab pengguna sepenuhnya. Setiap kode OTP yang berhasil terverifikasi dari akun QOIN akan dianggap sebagai transaksi dan/atau aktivitas yang sah dari pengguna, dari dan oleh karenanya akan mengikat dan memiliki akibat hukum terhadap pengguna yang bersangkutan.
- Pihak QOIN tidak mengetahui dan tidak akan pernah meminta pengguna memberitahukan kode OTP kepada QOIN.
- PIN (Personal Identification Number)
- PIN (Personal Identification Number) adalah nomor identifikasi pribadi yang dibuat dan ditentukan oleh pengguna pada saat proses registrasi akun baru.
- PIN terdiri dari 6 (enam) digit angka yang tidak boleh berulang atau berurutan.
- Pengguna akan diminta memasukan PIN untuk memverifikasi suatu pembayaran tertentu dan/atau pemanfaatan fitur-fitur tertentu untuk memastikan keabsahan bahwa transaksi benar-benar dilakukan oleh pengguna.
- QOIN berhak untuk melakukan blokir sementara atas akun QOIN apabila pengguna memasukkan PIN yang salah sebanyak 3 (tiga) kali berturut - turut.
- Pengguna wajib menjaga kerahasiaan PIN dan tidak membagikannya kepada siapa pun.
- Kerugian yang timbul akibat kegagalan/kelalaian pengguna dalam menjaga kerahasiaan kode PIN merupakan tanggung jawab pengguna sepenuhnya. Setiap pengiriman PIN yang diverifikasi dari akun QOIN milik pengguna akan dianggap sebagai transaksi dan/atau aktivitas yang sah dari pengguna, dan oleh karenanya akan mengikat dan memiliki akibat hukum terhadap pengguna yang bersangkutan.
- Pihak QOIN tidak mengetahui dan tidak akan pernah meminta pengguna memberitahukan PIN kepada QOIN.
- Transaksi Top Up (Isi Saldo)
- Beberapa ketentuan untuk pengisian ulang QOIN Cash:
- Pengguna dengan status akun QOIN Basic dapat melakukan top up dengan batas maksimal adalah sebesar Rp 2.000.000 (dua juta rupiah) dan bagi pengguna dengan status akun QOIN Premium adalah sebesar Rp 10.000.000 (sepuluh juta rupiah).
- Nominal minimal untuk top up QOIN Cash adalah sebesar Rp 10.000 (sepuluh ribu rupiah).
- Pengguna dapat mengisi ulang QOIN Cash melalui Bank Transfer. Panduan secara lengkap proses transaksi top up menggunakan metode diatas dapat diakses dengan klik menu “Top Up” pada aplikasi QOIN.
- QOIN tidak menyimpan informasi yang digunakan pengguna dalam melakukan transaksi top up sehubungan dengan kata sandi (password) atau token atau kode keamanan lain dalam bentuk apapun, baik sementara atau permanen ke dalam sistem QOIN. Proses validasi transaksi yang dilakukan melalui Bank atau penyelenggara transaksi akan langsung dilakukan oleh pihak Bank atau penyelenggara transaksi yang bersangkutan.
- Proses Transaksi top up melalui Bank menggunakan metode-metode di atas, akan diambil alih oleh dan diproses melalui sistem perbankan. Aplikasi QOIN hanya akan meneruskan status transaksi “Berhasil” atau “Gagal” dari Bank.
- Dalam hal transaksi top up dinyatakan "Berhasil" maka QOIN Cash pengguna di rekening pada Bank yang bersangkutan otomatis akan berkurang sedangkan QOIN Cash akan bertambah untuk jumlah yang sesuai. Apabila QOIN Cash belum bertambah maka pengguna dapat menghubungi QOIN melalui Layanan Pengguna (Customer Care).
- Pada metode SMS Banking, operator telekomunikasi akan mengenakan biaya pengiriman token melalui SMS, dimana biaya tersebut ditentukan secara langsung oleh operator telekomunikasi dan ditanggung oleh pengguna.
- Pengguna memahami bahwa transaksi top up yang dilakukan melalui kanal pihak ketiga dapat mengalami gangguan sistem dan/atau jaringan dari waktu ke waktu, yang sepenuhnya merupakan tanggung jawab pihak ketiga tersebut.
- Biaya yang dibebankan kepada pengguna adalah biaya top up sebagaimana tunduk pada biaya jasa yang berlaku. QOIN akan menginformasikan biaya jasa yang berlaku tersebut dari waktu ke waktu.
- Ketika melakukan pengisian QOIN Cash (top up), pengguna akan melihat QOIN Cash bertambah secara real time. Jika QOIN Cash tidak bertambah setelah isi saldo, pengguna dapat mengikuti langkah di bawah ini:
- Cek bukti transfer dan pastikan telah memasukkan nomor telepon yang sudah terdaftar di aplikasi QOIN.
- Pastikan transaksi yang dilakukan telah tercatat di menu “Transaksi Selesai” dengan keterangan “Top Up” pada aplikasi QOIN.
- Tunggu maksimal 2 (dua) hari kerja. Apabila setelah menunggu QOIN Cash belum diterima, pengguna dapat menghubungi Customer Care QOIN di WhatsApp nomor 08111459088 atau Email ke customerservice@qoin.id dengan menyertakan bukti transaksi top up.
- Fitur-Fitur Aplikasi QOIN
- QOIN Cash
- Maksimal saldo yang dapat disimpan di QOIN sebesar Rp 2.000.000 (dua juta rupiah) bagi pengguna akun QOIN Basic dan Rp 10.000.000 (sepuluh juta rupiah) bagi pengguna akun QOIN Premium.
- QOIN Cash tidak berlaku perhitungan bunga, sehingga pengguna tidak akan memperoleh bunga dalam bentuk apapun.
- Pengguna dapat memeriksa QOIN Cash melalui aplikasi QOIN atau sarana lainnya termasuk sarana yang disediakan oleh pihak ketiga yang terhubung dengan layanan QOIN.
- QOIN Cash hanya dapat digunakan untuk melakukan transaksi melalui aplikasi QOIN.
- Tidak ada minimum QOIN Cash yang harus diendapkan. QOIN Cash dapat digunakan atau ditransaksikan seluruhnya sampai bersaldo nihil.
- Transfer
- Transfer QOIN Cash ke sesama pengguna QOIN
- Fitur transfer QOIN Cash ke sesama pengguna QOIN hanya dapat diakses dan digunakan oleh akun QOIN Premium.
- Minimal transfer saldo sebesar Rp 10.000 (sepuluh ribu rupiah) dan tidak dikenakan biaya transfer.
- Pengguna diminta untuk memasukkan informasi mengenai nomor telepon tujuan yang terdaftar sebagai pengguna QOIN, nominal yang akan dikirimkan serta catatan (bila ada), dan memasukkan 6 digit PIN sebagai autentikasi.
- Pengguna dapat melihat detail transfer (bukti transfer) pada histori transaksi.
- Dengan menggunakan fitur transfer ini, pengguna mengerti dan menyetujui untuk memberikan akses kepada QOIN terhadap kontak nomor handphone pada perangkat elektronik pengguna untuk digunakan sehubungan dengan pengiriman uang kepada sesama pengguna QOIN.
- Pengguna bertanggung jawab untuk memastikan bahwa seluruh informasi yang dimasukkan adalah benar dan akurat. Segala akibat hukum yang disebabkan oleh kesalahan pengguna dalam memasukan informasi nomor telepon tujuan dan/atau kesalahan input nominal yang akan dikirimkan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna, dan QOIN tidak memiliki tanggung jawab dalam bentuk apapun.
- Transfer QOIN Cash ke Nomor Rekening Bank
- Fitur transfer QOIN Cash ke nomor rekening bank hanya dapat diakses dan digunakan oleh QOIN Premium.
- Minimal penarikan dana sebesar Rp 10.000 (sepuluh puluh ribu rupiah).
- Biaya yang berlaku dalam penarikan ke rekening bank akan dibebankan ke pengguna dan akan dipotong dari QOIN Cash saat penarikan sedang diproses. Biaya yang berlaku akan diinformasikan dari waktu ke waktu oleh QOIN kepada pengguna, termasuk jika ada promo bebas biaya tarik saldo yang ditetapkan oleh QOIN.
- Pengguna dapat melihat detail transfer (bukti transfer) pada riwayat transaksi.
- Pengguna diminta untuk memasukkan informasi mengenai nomor rekening tujuan, nominal yang akan dikirimkan serta catatan (bila ada), dan memasukkan 6 digit PIN sebagai autentikasi.
- QOIN tidak bertanggung jawab atas kesalahan pengguna dalam menginput informasi bank yang didaftarkan. QOIN juga tidak bertanggung jawab apabila penarikan QOIN Cash dilakukan oleh pengguna ke rekening tabungan di suatu bank yang bukan atas nama pengguna sebagai penerima uang kiriman. Seluruh akibat hukum yang timbul dari penarikan QOIN Cash yang dilakukan pengguna merupakan tanggung jawab pengguna sepenuhnya.
- QOIN tidak bertanggung jawab jika terjadi masalah pada pihak bank sehingga tidak dapat memproses penarikan QOIN Cash selama QOIN telah berhasil mengirimkan instruksi transfer kepada bank yang bersangkutan.
- Minta Dana
- Minta dana QOIN Cash ke sesama pengguna QOIN
- Minta Dana merupakan fitur QOIN dimana pengguna dapat mengajukan permintaan sejumlah nominal uang kepada sesama pengguna QOIN dengan memasukkan nomor telepon pengguna QOIN yang ingin dimintai dana. Selanjutnya, pengirim dapat mengirimkan nominal uang tersebut dalam bentuk QOIN Cash.
- Minta Dana dapat dikirimkan ke 1 pengguna QOIN atau ke beberapa pengguna QOIN sekaligus.
- Kesalahan pengguna dalam menginput nominal dalam fitur permintaan dana bukan merupakan tanggung jawab QOIN.
- Pembelian Isi Ulang dan Pembayaran Tagihan
- Pengguna dengan status akun baik QOIN Basic atau QOIN Premium dapat melakukan pembelian dan pembayaran tagihan (PPOB).
- Pembelian isi ulang pulsa operator telekomunikasi atau operator lainnya dapat dilakukan melalui aplikasi QOIN dengan denominasi yang tersedia atau sesuai petunjuk yang ditampilkan dalam aplikasi QOIN.
- Pembayaran tagihan pasca bayar atau tagihan rutin bulanan seperti tagihan listrik, tagihan air, tagihan berlangganan internet, tagihan telkom, dan tagihan rutin lainnya dapat dilakukan melalui aplikasi QOIN.
- QOIN tidak bertanggung jawab atas kerugian akibat kesalahan/kelalaian pengguna dalam menginput rincian informasi, nominal dan data pembayaran.
- Refund
- Profil Pengguna
- Kerjasama Pihak Ketiga dalam Aplikasi QOIN
- Jangka Waktu
- Biaya-Biaya Layanan QOIN
- Biaya-biaya dalam penggunaan layanan-layanan yang ditetapkan oleh QOIN, Bank, maupun oleh pihak ketiga yang bekerjasama dengan QOIN dan akan dipotong secara langsung dari QOIN Cash Pengguna dengan pemberitahuan terlebih dahulu.
- QOIN dapat menetapkan biaya pemrosesan transaksi pembayaran menggunakan instrumen pembayaran yang diterbitkan oleh pihak lain sebagai contoh uang elektronik selain QOIN.
- Bank maupun institusi penerbit instrumen pembayaran lain yang bekerja sama dengan QOIN dapat mengenakan biaya untuk setiap transaksi melalui Alat Pembayaran Lainnya sesuai kebijakan Bank penerbit instrumen pembayaran terkait.
- Alat Pembayaran Lainnya QOIN (Account Linkage)
- QOIN hanya meneruskan instruksi pengguna kepada pihak penerbit instrumen pembayaran untuk melakukan pembayaran menggunakan instrumen pembayaran yang diterbitkan pihak lain yang bekerja sama dengan QOIN. Transaksi pembayaran pengguna hanya dapat diproses jika pihak penerbit instrumen pembayaran terkait mengotorisasi instruksi tersebut.
- Transaksi yang telah dikonfirmasi oleh pengguna untuk diproses tidak dapat dibatalkan sepihak oleh pengguna. QOIN memiliki wewenang dan diskresi untuk menentukan keputusan terhadap permintaan pembatalan tersebut berdasarkan penelaahan dan analisis terlebih dahulu oleh tim QOIN.
- Setiap keluhan dan/atau klaim oleh pengguna terhadap penerbit instrumen pembayaran selain QOIN merupakan tanggung jawab dari penerbit instrumen pembayaran terkait, namun QOIN dapat menerima keluhan dan/atau klaim pengguna untuk diteruskan kepada penerbit instrumen pembayaran terkait. QOIN tidak bertanggung jawab untuk segala kerugian yang timbul sehubungan dengan keluhan dan/atau klaim tersebut.
- Pengguna dapat menghapus data instrumen pembayaran dari fitur Alat Pembayaran Lainnya.
- Jika pengguna meminta pengembalian dana (refund) pada instrumen pembayaran lainnya , maka klaim pengembalian dana tersebut dapat disampaikan langsung ke Merchant terkait. QOIN akan meneruskan klaim pengembalian dana instrumen pembayaran lain berdasarkan permintaan Merchant kepada penerbit instrumen pembayaran terkait. Pengguna juga dapat menyampaikan klaim pengembalian dana instrumen pembayaran lain kepada QOIN selambat-lambatnya dalam waktu 14 hari kerja sejak tanggal Transaksi dengan menyampaikan bukti pendukung yang cukup. Selanjutnya QOIN akan meneruskan klaim pengembalian dana instrumen pembayaran lain kepada penerbit instrumen pembayaran terkait berdasarkan hasil tinjauan QOIN atas klaim tersebut.
- Koreksi
- QOIN dapat sewaktu-waktu melakukan koreksi (mendebet atau mengkredit) QOIN Cash apabila menurut catatan QOIN terjadi kesalahan dalam Transaksi, sistem, jaringan, maupun kesalahan dalam bentuk lain, termasuk namun tidak terbatas apabila terdapat permintaan dari Pengguna atau pejabat berwenang berdasarkan peraturan yang berlaku.
- Terhadap permintaan koreksi oleh pihak ketiga, QOIN akan melakukan tinjauan dan memutuskan berdasarkan penilaian dan kebijakan QOIN. QOIN tidak akan melakukan koreksi terhadap QOIN Cash tanpa adanya informasi yang dianggap cukup bagi QOIN untuk membuktikan adanya kesalahan dalam Transaksi.
- Sehubungan dengan kepentingan koreksi sebagaimana disebutkan dalam (angka 1) dan (angka 2), Pengguna dengan ini memberikan kuasa yang tidak dapat ditarik kembali kepada QOIN untuk mendebet dan/atau mengkredit QOIN Cash Pengguna. Kuasa sebagaimana dimaksud akan terus berlaku dan tidak dapat berakhir karena alasan apapun juga termasuk karena alasan-alasan sebagaimana diatur dalam Pasal 1813, 1814, dan 1816 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata.
- Pemblokiran Atas Akun QOIN
- Akun QOIN dapat diblokir seluruhnya atau terhadap sebagian fitur, sesuai dengan kebijakan QOIN, dalam hal berikut:
- Pengguna memasukkan PIN dan/atau kata sandi (password) yang salah sebanyak 3 (empat) kali berturut-turut;
- Pengguna mengajukan permintaan resmi karena adanya laporan pengguna bahwa telepon seluler hilang/dicuri/diretas/rusak. Pengguna wajib menyertakan informasi/dokumen pendukung sehubungan dengan permintaan pengguna.
- Dilakukan secara sepihak oleh QOIN dikarenakan terdapat hal yang menurut kebijakan QOIN memiliki suatu indikasi yang merugikan dan/atau indikasi pelanggaran serta ketentuan hukum yang berlaku, dengan atau tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada pengguna, termasuk namun tidak terbatas pada:
- Adanya permintaan dari otoritas negara atau otoritas penegak hukum yang berwenang, atau;
- Jika pengguna menggunakan layanan QOIN yang menyebabkan terjadinya pelanggaran terhadap Ketentuan Layanan Pengguna dan/atau Kebijakan Privasi QOIN, atau;
- Jika pengguna memberikan data/informasi/keterangan yang tidak benar atau menyesatkan pada saat melakukan pendaftaran atau selama menggunakan aplikasi QOIN, atau;
- Adanya indikasi penyalahgunaan QOIN untuk kegiatan yang melanggar hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku, atau;
- Akun QOIN tidak digunakan untuk jangka waktu minimum selama 6 (enam) bulan berturut-turut.
- Berdasarkan pertimbangan QOIN yang cukup beralasan memiliki alasan kuat lainnya.
- Aktivasi ulang atas akun yang diblokir yang disebabkan alasan-alasan sebagaimana dimaksud di bagian L poin 1. di atas merupakan wewenang QOIN sepenuhnya untuk menonaktifkan sementara atau secara permanen akses pengguna terhadap sebagian atau seluruh layanan/fitur aplikasi QOIN.
- Penutupan Akun QOIN
- Akun QOIN dapat ditutup karena hal-hal berikut:
- Permintaan resmi dari pengguna melalui layanan pelanggan (Customer Care), dengan memenuhi rangkaian proses dan persyaratan yang disyaratkan oleh QOIN;
- Adanya permintaan dari otoritas negara atau otoritas penegak hukum yang berwenang;
- Kebijakan QOIN berdasarkan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
- Keadaan Memaksa yang terjadi selama 3 (tiga) bulan atau lebih secara berturut-turut; dan/atau
- Penghentian kegiatan operasional QOIN karena alasan apapun.
- QOIN Cash akan dikembalikan kepada pengguna atas adanya penutupan akun QOIN setelah dikurangi biaya terutang (jika ada), kecuali apabila berdasarkan pertimbangan QOIN diperlukan adanya penahanan bagian tertentu dari QOIN Cash, misalnya karena bagian tersebut sehubungan dengan penipuan, penyalahgunaan, tindak pelanggaran hukum lainnya, atau pelanggaran terhadap Ketentuan Layanan QOIN.
- Sehubungan dengan penutupan akun pengguna dan QOIN setuju untuk mengesampingkan keberlakuan Pasal 1266 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata, sepanjang mengenai diperlukannya suatu putusan pengadilan untuk penutupan akun QOIN dan/atau pengakhiran Ketentuan Layanan.
- Informasi dan Jalur Pengaduan Resmi
- WhatsApp Chat ke nomor 08111459088
(Senin-Jumat, 09.00 WIB - 18.00 WIB) - Email ke customerservice@qoin.id
(Senin-Jumat, 09.00 WIB - 18.00 WIB) - Call Center (24/7) ke nomor 085592013040
- Batasan Tanggung Jawab
- Untuk mencegah terjadinya penyalahgunaan data atau akun QOIN maka pengguna wajib menjaga kerahasiaan informasi data yang dimilikinya, termasuk namun tidak terbatas pada Nomor Ponsel (Handphone) yang terdaftar pada QOIN, PIN atau kode verifikasi maupun Kode OTP atau data lainnya yang diberikan pengguna atau diterima oleh pengguna pada setiap kegiatan transaksi yang terjadi/dilakukan dengan tidak mengungkapkan/menyebarkan kepada pihak manapun. Pengguna bertanggung jawab sepenuhnya atas segala akibat dan risiko yang timbul sehubungan dengan kelalaian pengguna dalam menjaga kerahasiaan informasi dan data pengguna yang dimiliki.
- Pengguna wajib menjaga informasi sebagaimana disebut di atas, dari peristiwa antara lain kehilangan, kerusakan, penyalahgunaan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab atau pemalsuan. Pengguna dengan ini mengetahui dan menyetujui untuk melepaskan QOIN dari tanggung jawab dan ganti kerugian dalam bentuk apapun kepada Pengguna atau pihak manapun atas hal-hal yang terjadi di luar kesalahan dan/atau kelalaian QOIN termasuk tetapi tidak terbatas pada hal-hal:
- Kehilangan atau kerusakan perangkat telekomunikasi atau nomor ponsel;
- Akses tidak sah terhadap informasi pribadi pengguna yang terjadi di luar lingkup tanggung jawab QOIN atau pada/melalui aplikasi milik pihak ketiga;
- Setiap kerugian yang terjadi yang diakibatkan karena pengguna terindikasi melanggar hukum dan/atau terdapat penyalahgunaan oleh pihak lain yang tidak berwenang.
- Dalam hal terjadi kehilangan telepon genggam baik karena pencurian, kehilangan atau alasan apapun maka pengguna wajib segera menghubungi Layanan Pengguna (Customer Care) QOIN untuk melakukan pemblokiran akun QOIN.
- Sesuai dengan kebijakan QOIN berhak untuk menolak permohonan pendaftaran layanan QOIN oleh pengguna tanpa memberitahukan alasannya.
- Pengguna dengan ini diwajibkan untuk memeriksa, memastikan dan menjamin bahwa seluruh informasi dan data yang didaftarkan atau diberikan selama menggunakan/mengakses QOIN adalah akurat, benar, dan lengkap, serta tidak menyesatkan. Oleh karena itu pengguna membebaskan dan melepaskan QOIN dari segala bentuk gugatan, tuntutan dan/atau ganti kerugian baik yang berasal dari pengguna atau pihak manapun dan dalam bentuk apapun sehubungan dengan kelalaian dan/atau kegagalan pengguna dalam mematuhi seluruh ketentuan dalam Ketentuan Layanan QOIN.
- Apabila transaksi telah diselesaikan maka pengguna dengan ini mengakui dan menyetujui bahwa transaksi TIDAK DAPAT ditarik kembali dengan alasan apapun juga dan transaksi akan tetap diproses sesuai dengan informasi dan data yang telah didaftarkan dan dimasukkan oleh pengguna.
- Pengguna akan dikenakan biaya-biaya sehubungan dengan layanan QOIN sesuai dengan peraturan yang berlaku termasuk namun tidak terbatas pada biaya transaksi, dan biaya-biaya lainnya yang akan diinformasikan kepada pengguna.
- Apabila terjadi gangguan teknis pada jaringan atau sedang adanya peningkatan layanan atau jaringan, perubahan layanan atau jaringan, perbaikan dan/atau pemeliharaan layanan atau jaringan yang digunakan oleh QOIN sehingga menyebabkan gangguan pada layanan QOIN, maka QOIN akan segera menangani dan/atau memperbaikinya dalam jangka waktu maksimum 3 (tiga) hari kerja dan atas hal tersebut pengguna akan menerima pemberitahuan dari aplikasi. Jika waktu perbaikan/penanganan gangguan teknis memakan waktu lebih lama maka QOIN akan menyampaikan pemberitahuan lebih lanjut.
- Dalam hal terjadi kesalahan sistem QOIN karena alasan apapun yang mengakibatkan terganggunya layanan atau kesalahan dalam pelaksanaan layanan atau transaksi yang bukan disebabkan oleh pengguna, maka QOIN akan memperbaiki kesalahan tersebut dengan sesegera mungkin atau dalam waktu 1 (satu) hari kerja atau maksimal 3 (tiga) hari kerja sejak ditemukan kesalahan tersebut.
- Keadaan Memaksa (Force Majeur)
- Bencana alam;
- Kebakaran, pemogokan buruh, perang, huru-hara, pemberontakan atau tindakan militer lainnya;
- Tindakan pihak/instansi yang berwenang yang mempengaruhi kelangsungan penyediaan layanan telekomunikasi;
- Tindakan pihak ketiga yang menyebabkan QOIN tidak dapat memberikan layanan telekomunikasi;
- Adanya keputusan dari instansi yang berwenang atau perubahan keputusan dari pemerintah yang berdampak pada layanan QOIN termasuk diantaranya perubahaan pemberlakuan tarif kepada pengguna; dan
- Wabah, epidemi, dan/atau pandemi penyakit. Pengguna setuju untuk melepaskan QOIN dari setiap klaim, jika QOIN tidak dapat memenuhi instruksi pengguna baik sebagian maupun seluruhnya karena adanya Keadaan Memaksa.
- Keamanan dan Kerahasiaan Transaksi
- Keamanan dan kenyamanan pengguna saat menggunakan layanan adalah prioritas QOIN. Oleh karena itu QOIN memiliki sistem keamanan ketika transaksi untuk memberikan kepastian bahwa transaksi yang dilakukan pengguna aman dan informasi serta data pribadi akan tersimpan dan digunakan sesuai dengan Kebijakan Privasi QOIN dengan mengikuti peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.
- QOIN menggunakan server yang memadai dalam menjaga keamanan informasi rahasia Pengguna. Seluruh informasi yang bersifat sensitif akan dikirimkan melalui teknologi Secure Socket Layer (SSL) dalam keadaan mana data tersebut hanya dapat diakses oleh team yang berwenang dan disyaratkan untuk selalu menjaga kerahasiaan informasi dan data pengguna.
- QOIN memastikan PIN milik pengguna tidak diketahui oleh siapapun kecuali oleh pengguna itu sendiri untuk menghindari penyalahgunaan oleh pihak lain. Oleh karenanya pengguna bertanggung jawab penuh atas kerahasiaan PIN.
- QOIN dapat menampilkan informasi pengguna dan informasi lain kepada pihak ketiga untuk tujuan pemeliharaan keamanan sistem sehubungan dengan penyediaan akses ke layanan QOIN melalui sarana pihak ketiga.
- QOIN menjamin bahwa ketentuan pelaksanaan telah memenuhi standar keamanan dan ketentuan serta peraturan perundang-undangan yang berlaku.
- Pernyataan dan Jaminan
- Pengguna menyatakan dan menjamin bahwa berdasarkan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku pengguna merupakan pihak yang cakap dan mengerti untuk menggunakan layanan yang disediakan oleh QOIN.
- Pengguna dengan ini menyatakan dan menjamin bahwa telah sah secara hukum untuk terikat dalam perjanjian berdasarkan hukum Republik Indonesia, secara khusus terikat dalam Ketentuan Layanan. Pengguna pada saat mengakses, melakukan pendaftaran, dan/atau menggunakan QOIN, telah berusia sekurang-kurangnya 21 tahun atau kurang dari 21 tahun, mempunyai kartu identitas (KTP) dan tidak sedang berada dalam pengampuan. Apabila Pengguna berusia kurang dari 21 tahun atau kurang dari 21 tahun dan belum memiliki kartu identitas (KTP) maka pengguna menyatakan dan menjamin bahwa telah mendapat persetujuan dari orang tua/wali yang sah melakukan pendaftaran, dan/atau menggunakan QOIN.
- Penggunaan atas Akun dan/atau layanan QOIN merupakan pengakuan dan persetujuan pengguna untuk tunduk pada:
- Syarat dan Ketentuan Aplikasi QOIN;
- Syarat dan Ketentuan khusus QOIN yang bekerja sama dengan penyedia aplikasi pihak ketiga;
- Syarat dan Ketentuan khusus terkait promo;
- Syarat dan Ketentuan khusus yang berlaku untuk masing-masing fitur layanan yang tersedia dalam aplikasi QOIN;
- Kebijakan Privasi; dan
- Setiap ketentuan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
- Pengguna menyatakan dan menjamin akan menggunakan QOIN secara wajar dan benar sesuai dengan Syarat dan Ketentuan serta peraturan perundang-undangan yang berlaku di Republik Indonesia, dan tidak melakukan tindakan apapun yang bertujuan untuk menghindari, menembus, dan/atau memanfaatkan celah sistem keamanan ataupun menyebabkan gangguan dan/atau kerusakan pada sistem, melakukan penyalahgunaan akun, produk dan fitur-fitur dalam aplikasi, maupun menyebabkan kerugian bagi QOIN dan/atau pengguna lain. Pengguna bertanggung jawab penuh atas segala konsekuensi terhadap pelanggaran ketentuan ini.
- Pengguna menyatakan dan menjamin bahwa dana yang dipergunakan dalam transaksi bukanlah dana yang berasal dari tindak pidana yang terlarang berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Republik Indonesia. Pembukaan akun tidak untuk tujuan melakukan tindak pidana pencucian uang dan pendanaan terorisme sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Republik Indonesia, transaksi tidak dilakukan untuk maksud mengelabui, mengaburkan, atau menghindari pelaporan kepada Pusat Pelaporan Dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Republik Indonesia, transaksi tidak dilakukan untuk melakukan pembayaran atas transaksi yang sifatnya atau objeknya melanggar peraturan perundang-undangan yang berlaku di Republik Indonesia, dan pengguna bertanggung jawab sepenuhnya serta melepaskan QOIN dari segala tuntutan, klaim, atau ganti rugi dalam bentuk apapun apabila pengguna ternyata terbukti melakukan tindak pidana pencucian uang berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Republik Indonesia.
- Pengguna dengan ini menyatakan dan menjamin akan bertanggung jawab sepenuhnya atas semua layanan QOIN yang diakses menggunakan nomor ID pengguna miliknya.
- Pengguna dengan ini menyatakan bersedia melengkapi seluruh data atau permintaan data atau dokumen pendukung yang diminta oleh QOIN sehubungan dengan adanya penelusuran/pemeriksaan lanjutan jika terdapat dugaan transaksi mencurigakan dan/atau terindikasi melanggar Ketentuan Layanan atau Ketentuan peraturan perundang-undangan.
- Pengguna tidak akan memberikan hak, wewenang dan/atau kuasa dalam bentuk apapun dan dalam kondisi apapun kepada orang atau pihak lain untuk menggunakan data, PIN, Rekening QOIN kepada orang atau pihak manapun;
- Pengguna menyatakan dan menjamin tidak akan dengan alasan apapun meminta kembali setiap dan seluruh data/dokumen yang telah disampaikan karena QOIN berhak menggunakan data dan informasi tersebut untuk layanan transaksi atau terkait urusan administrasi rekening pengguna pada QOIN, kecuali diwajibkan berdasarkan peraturan perundang-undangan;
- Pengguna menyatakan dan menjamin akan memperbaharui dan memberitahukan kepada QOIN apabila terdapat perubahan data pengguna yang telah didaftarkan dan/atau disampaikan kepada QOIN;
- Dengan melaksanakan Transaksi melalui aplikasi QOIN maka pengguna memahami bahwa seluruh komunikasi dan instruksi dari pengguna yang diterima oleh QOIN akan diperlakukan sebagai bukti otentik meskipun tidak dibuat dalam bentuk dokumen tertulis atau diterbitkan dalam bentuk dokumen yang ditandatangani. Pengguna dengan ini menyatakan dan menjamin bahwa Pengguna tidak dan tidak akan menyangkal keberlakuan dan keabsahan dari komunikasi dan instruksi elektronik yang disampaikan oleh Pengguna melalui QOIN, sebagai bukti otentik;
- Pengguna dengan ini menyatakan memahami dan setuju bahwa layanan yang disediakan “sebagaimana adanya” dan “sebagaimana tersedia”, tanpa adanya jaminan bahwa layanan yang disediakan sesuai untuk tujuan atau kebutuhan tertentu dari pengguna. Dalam hal ini, QOIN tidak memberikan jaminan bahwa:
- Penggunaan QOIN dapat memenuhi seluruh kebutuhan Pelanggan;
- QOIN akan tersedia terus menerus tanpa gangguan/error;
- Setiap ketidaksesuaian akan diperbaiki untuk memenuhi keinginan pengguna. Namun QOIN tetap akan berusaha sebaik mungkin dan sewajarnya untuk menyediakan layanan yang terbaik bagi Pengguna.
- Lain-Lain
- Ketentuan Layanan ini tunduk dan dilaksanakan sesuai dengan hukum Republik Indonesia;
- Apabila terjadi perselisihan dalam penafsiran atau pelaksanaan dari Ketentuan Layanan maka QOIN dan pengguna setuju untuk menyelesaikan perselisihan tersebut melalui jalan musyawarah. Dalam hal musyawarah mufakat tidak tercapai dalam jangka waktu 30 (tiga puluh) hari kerja, maka selanjutnya perselisihan akan diselesaikan melalui Pengadilan Negeri Jakarta Selatan;
- Ketentuan Layanan ini dibuat dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Dalam hal terdapat ketidaksesuaian diantara keduanya, maka QOIN dan pengguna setuju untuk menggunakan Bahasa Indonesia sebagai bahasa yang mengikat;
- QOIN termasuk nama dan logo, kode, desain, teknologi dan formula bisnisnya, dilindungi oleh suatu hak cipta, merek, paten dan hak atas kekayaan intelektual lainnya serta tunduk pada hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Republik Indonesia. QOIN (dan pihak-pihak yang terkait dengan perizinan QOIN, jika ada) memiliki semua hak dan kepentingan QOIN terkait hak atas kekayaan intelektual yang mengikutinya. Ketentuan Layanan ini tidak mengakibatkan beralihnya atau memberikan hak bagi pengguna untuk menggunakan hak atas kekayaan intelektual QOIN dalam arti yang seluas-luasnya terhadap hak-hak atas kekayaan intelektual sebagaimana disebutkan di atas;
- Kegagalan atau tertundanya QOIN dalam mengambil tindakan langsung, mengenakan sanksi, atau melaksanakan hak atau kewajiban dan/atau mengajukan gugatan atau tuntutan terhadap pelanggaran Ketentuan Layanan ini, tidak menghapuskan kewajiban pengguna dan bukan merupakan suatu pengesampingan atas hak QOIN untuk mengambil tindakan apapun yang diperlukan di kemudian hari;
- Pengguna dilarang mengalihkan hak dan kewajibannya dalam Ketentuan Layanan tanpa persetujuan terlebih dahulu dari QOIN berdasarkan pertimbangan dan kebijakan QOIN semata. Pengalihan seluruh atau sebagian QOIN Cash yang dilakukan oleh pengguna kepada pihak lain manapun, bukan merupakan pengalihan atau suatu bentuk pengalihan rekening atau akun QOIN;
- Jika terdapat suatu ketentuan dalam Ketentuan Layanan ini yang ternyata diketahui melanggar ketentuan perundang-undangan yang berlaku baik sebagian maupun seluruhnya, maka ketentuan yang dianggap melanggar tersebut dikesampingkan dari Ketentuan Layanan ini dan atas Ketentuan Layanan lain tetap berlaku dan mengikat;
- Ketentuan Layanan ini baik sebagian maupun seluruhnya termasuk fitur atau layanan yang ditawarkan oleh QOIN dapat diubah, diperbaharui, dan/atau ditambah dari waktu ke waktu dengan berdasarkan kepada kebijakan yang berlaku. Berdasarkan pembaharuan dan/atau penambahan tersebut pengguna dengan ini menyatakan menerima perubahan, pembaharuan dan/atau penambahan tersebut;
- Pengguna dengan ini mengetahui dan memberikan persetujuan kepada QOIN untuk menggunakan data pribadi/informasi pengguna pada fitur-fitur yang tersedia pada aplikasi (atau yang akan dikembangkan dikemudian hari) untuk pengembangan jenis/model layanan dan penggunaan aplikasi QOIN, dengan tetap memperhatikan ketentuan Kebijakan Privasi serta ketentuan perundang-undangan yang berlaku;
- Pengelolaan data pribadi pengguna diatur dalam Kebijakan Privasi (Privacy Policy) dimana Kebijakan Privasi tersebut merupakan satu kesatuan dan bagian yang tidak terpisahkan Ketentuan Layanan dan karenanya dengan ini menyatakan bahwa Pengguna menerima dan menyetujui Kebijakan Privasi (Privacy Policy) yang terkait;
- Transaksi Pengguna yang dilakukan melalui QOIN disimpan secara otomatis pada server QOIN. Pengguna mengakui dan memahami bahwa QOIN telah berupaya sebaik-baiknya untuk menjaga keamanan sistem. Namun demikian, dalam hal terdapat perbedaan atau ketidaksesuaian antara data, saldo atau catatan transaksi Pengguna maka pengguna menyetujui bahwa data, saldo atau catatan Transaksi yang berlaku dan diakui adalah yang dimiliki oleh QOIN;
- Pengguna memahami bahwa dalam menggunakan QOIN, data pribadi dari pengguna akan dikumpulkan, digunakan maupun diperlihatkan sehingga pengguna dapat menikmati layanan QOIN secara maksimal, karenanya pengguna dengan ini menyetujui QOIN untuk menggunakan data pribadi tersebut kepada pihak ketiga yang bekerja sama dengan QOIN;
- Pengguna dapat menghubungi Layanan Pengguna (Customer Care) QOIN atau masuk ke dalam aplikasi dan situs web untuk mengetahui informasi terkait dengan layanan QOIN;
- Pengguna akan menerima pemberitahuan mengenai layanan atau promosi terbaru melalui media komunikasi pribadi atau melalui aplikasi QOIN. Bila pengguna keberatan untuk menerima pemberitahuan tersebut maka pengguna dapat menghubungi Layanan Pengguna (Customer Care) QOIN.
- Keamanan dan Kerahasiaan Transaksi
- Syarat dan Ketentuan QRIS
- Definisi
- QRIS Acquirer
- Memfasilitasi transaksi
- Pemrosesan transaksi
- Penyelesaian pembayaran
- Menyediakan dukungan
- Menyediakan aspek keamanan
- Memberikan aspek pelaporan dan rekonsiliasi
- QRIS Issuer
- Menerbitkan Qris code
- Menyediakan akses pembayaran
- Menyediakan dukungan teknis
- Menyediakan aspek keamanan dalam hal transaksi
- QRIS Dinamis
- Keamanan yang lebih tinggi
- Penyesuaian mudah
- Integrasi dengan dompet digital
- QRIS Statis
- Tidak berubah, Qr code yang tersedia sama dan tidak mengalami perubahan setiap kali digunakan saat melakukan transaksi. Informasi transaksi dalam Qr code pun akan tetap.
- Informasi transaksi tetap QR code ini berisi informasi transaksi yang tetap, seperti jumlah pembayaran dan detail merchant, dan tidak berubah.
- Kemudahan penggunaan
- Digunakan di gerai tetap
- Kode Qr tidak terbatas waktu
- Menguntungkan pedagang dan pengguna
- Ketentuan Umum QRIS
- Siapapun yang memiliki ponsel dengan kamera dan konektivitas data, serta akun pembayaran elektronik dapat melakukan pembayaran melalui QRIS.
- Konsumen dapat menggunakan aplikasi uang elektronik server based, dompet elektronik atau mobile banking yang memiliki fitur pembayaran dengan QR Code.
- QRIS dapat ditemukan di pedagang yang menerima pembayaran elektronik melalui QR Code. Pedagang yang menerima pembayaran melalui QRIS akan memiliki logo QRIS di toko mereka.
- Dengan QRIS, konsumen dimudahkan karena QRIS dapat discan oleh semua aplikasi pembayaran yang memiliki fitur pembayaran QR.
- Nominal Transaksi QRIS dibatasi paling banyak sebesar Rp 10.000.000,00 (Sepuluh Juta Rupiah) per transaksi. Penerbit dapat menetapkan batas nominal kumulatif harian dan/atau bulanan atas Transaksi QRIS yang dilakukan oleh setiap Pengguna QRIS, yang ditetapkan berdasarkan manajemen risiko Penerbit.
- Fitur QRIS
- Pendaftaran QRIS
- Pendaftaran QRIS untuk Badan Usaha
- Wajib memiliki KTP pemilik usaha.
- Nomor Kartu Keluarga sesuai dengan KTP yang ingin didaftarkan.
- Scan Akta perusahaan Nama Badan Usaha.
- Scan foto NPWP perusahaan.
- Scan Surat Kuasa Asli
- Pendaftaran Individu
- Scan KTP.
- Nomor kartu keluarga yang sesuai dengan KTP yang ingin didaftarkan.
- Cara menggunakan QRIS
- Cara Menggunakan QRIS untuk Merchant :
- Registrasi pada Web Merchant QoinHub
- Setelah selesai registrasi lalu login dengan email dan kata sandi yang sudah di daftarkan
- Merchant di harapkan mengisi data onboarding setelah login dan melengkapi data karena beberapa data yang wajib diisi, seperti : Paket Bisnis, Metode Pembayaran, Informasi Bisnis dan Pemilik, Detail Bank, Pratinjau Data dan Konfirmasi Akhir.
- Pada saat pengisian data Metode Pembayaran, pilih tab QRIS lalu lengkapi data Formulir Pendaftaran QRIS yang akan di kirimkan terpisah melalui email
- Pada Formulir Pendaftaran QRIS, terdapat 2 (dua) jenis QRIS, seperti QRIS Static dan QRIS Dynamic:
- QRIS Static adalah QR code dengan informasi yang tetap dan tidak berubah. Informasi pembayaran dan detail transaksi disematkan dalam QR code ini saat dibuat dan tidak dapat diubah setelahnya.
- QRIS Dynamic adalah QR code dengan informasi yang dapat berubah. Informasi pembayaran dan detail transaksi disematkan dalam QR code ini, tetapi ada kemampuan untuk mengubah beberapa parameter sebelum melakukan pembayaran.
- Setelah pengajuan onboarding dan pendaftaran QRIS telah disetujui, maka akan mendapatkan QR Static yang dapat di-unduh pada Submenu Merchant Preview di menu System Setting
- Cara Menggunakan QRIS untuk Konsumen:
- Registrasi pada aplikasi Qoin
- Isi saldo pada akun Qoin Cash Anda
- Pilih icon Scan QR yang terdapat pada halaman home
- Scan QRIS merchant
- Masukkan nominal
- Klik Bayar
- Masukkan PIN
- Lihat notifikasi dan riwayat transaksi
- Hak & Kewajiban
- User dan Merchant ketika menggunakan QRIS di wajibkan untuk mengakses dan menggunakan layanan Qoin dengan itikad baik serta tujuan yang sah dan mengakses layanan Qoin secara teliti guna untuk mematuhi seluruh syarat dan ketentuan.
- Qoin akan melakukan refund dana kepada user dan merchant apabila terjadi pembayaran ganda atau pembayaran dengan mekanisme yang disepakati bersama.
- Larangan
- User dan Merchant dilarang melakukan tindakan penyalahgunaan layanan Qoin.
- User dan Merchant dilarang mengatasnamakan PT. QOIN DIGITAL INDONESIA dalam melaksanakan tindakan apapun, tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari kami.
- Biaya
- Reguler
- Usaha Mikro (UMI) 0.3%
- Usaha kecil (UKE), Usaha menengah (UME), dan Usaha Besar (UBE) 0.7%
- Khusus
- Pendidikan 0.6%
- Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU), Badan Layanan Umum (BLU), Public Services Obligation (PSO) 0.4%
- Goverment to People (G2P) seperti bantuan sosial (Bansos), People to Goverment (P2G) antara lain pajak, paspor dan donasi sosial (nirlaba) 0%
- Proses Settlement
Pengguna wajib memastikan data, informasi dan/atau keterangan yang diberikan, dicantumkan, dan disampaikan pada aplikasi QOIN adalah benar dan valid. Pengguna dapat mendaftarkan akun QOIN dengan cara berikut:
Dalam hal otentikasi dan/atau verifikasi data, QOIN memiliki 2 metode yaitu melalui OTP (One Time Password) dan PIN (Personal Identification Number).
Transaksi top up adalah penyetoran nilai uang menjadi QOIN Cash.
Pengguna dapat melakukan berbagai transaksi melalui fitur-fitur yang tersedia pada aplikasi QOIN.
QOIN Cash adalah nilai uang yang disetorkan melalui proses top up pada penjelasan bagian E.
Transfer merupakan fitur QOIN dimana pengguna dapat mengirimkan sebagian atau seluruh QOIN Cash kepada sesama pengguna QOIN, maupun kepada non-pengguna QOIN melalui rekening bank
Minta dana merupakan fitur QOIN dimana pengguna dapat mengajukan permintaan dana sebagian atau seluruh QOIN Cash kepada pengguna QOIN atau ke beberapa pengguna QOIN. Fitur ini dapat digunakan oleh user basic dan premium QOIN. Berikut adalah beberapa syarat dan ketentuan pada fitur Minta Dana:
Pengembalian dana (Refund) dapat dilakukan jika transaksi yang dilakukan Pengguna gagal atau dibatalkan oleh Penjual. Apabila dalam pembayaran yang terpotong merupakan QOIN Cash maka dana akan dikembalikan ke QOIN Cash Pengguna. QOIN Cash Pengguna akan dikembalikan dalam waktu 14 Hari Kerja. Dan jika dana refund tidak diterima dalam jangka waktu yang telah ditentukan maka Pengguna dapat menghubungi Customer Care QOIN di WhatsApp nomor08111459088 atau Email ke customerservice@qoin.id untuk melakukan konfirmasi status refund Pengguna.
Pengguna dapat mengubah data pribadi pengguna pada menu Profil. Adapun data yang dapat diubah yaitu Nama, Email, dan Foto Profil untuk pengguna QOIN Basic, sedangkan untuk pengguna QOIN Premium kolom Nama dan Nomor Handphone tidak dapat diedit.
PIN digunakan sebagai password untuk melakukan transaksi di aplikasi QOIN. Nomor handphone hanya dapat diganti setiap 90 hari, nomor yang telah digunakan sebelumnya tidak dapat digunakan kembali untuk menggantikan QOIN ID dari nomor lain.
Pengguna setuju dan menundukkan diri pada Syarat dan Ketentuan Aplikasi QOIN serta Syarat dan Ketentuan yang lebih khusus dalam produk atau fitur kerjasama pihak ketiga dengan PT Qoin Digital Indonesia yang dapat diakses dalam aplikasi baik yang tersedia saat ini maupun di masa mendatang dengan pemberitahuan sebelumnya, termasuk namun tidak terbatas pada bentuk kerjasama merchant, partner (termasuk bank), aggregator, maupun jasa layanan pembayaran/keuangan lainnya.
Akun QOIN milik Pengguna akan berlaku selama akun tersebut memiliki QOIN Cash di dalamnya serta pengguna tidak mengajukan penutupan akun secara permanen.
Saldo QOIN dan/atau instrumen pembayaran lain yang disimpan pada aplikasi QOIN dapat digunakan untuk pembayaran layanan maupun pembelanjaan yang tersedia di aplikasi QOIN, dengan mengikuti kebijakan penerbit instrumen pembayaran lain yang bekerja sama dengan QOIN.
Pengguna QOIN dapat mengajukan pertanyaan atau menyampaikan keluhan dengan menghubungi Layanan Pengguna (Customer Care) QOIN melalui:
Pengguna juga dapat melihat informasi layanan QOIN serta promosi yang berlangsung di aplikasi QOIN atau website QOIN: www.qoin.id
Tidak dilaksanakannya atau tertundanya pelaksanaan sebagian atau keseluruhan kewajiban berdasarkan Syarat & Ketentuan QOIN tidak akan dianggap sebagai pelanggaran terhadap Syarat & Ketentuan apabila hal tersebut disebabkan oleh suatu peristiwa yang berada di luar kendali QOIN atau lazim disebut dengan istilah Keadaan Memaksa (Force Majeur) termasuk namun tidak terbatas pada:
Pengguna mengerti dan menyetujui bahwa Syarat dan Ketentuan ini merupakan perjanjian dan tindakan yang diambil pengguna saat menekan tombol daftar atau tombol masuk saat akan mengakses QOIN merupakan persetujuan untuk mengikatkan diri dalam perjanjian dengan QOIN sehingga keberlakuan Syarat dan Ketentuan ini adalah sah dan mengikat secara hukum dan terus berlaku sepanjang penggunaan aplikasi oleh pengguna QOIN. QOIN dapat mengalihkan hak QOIN berdasarkan Syarat dan Ketentuan ini tanpa persetujuan terlebih dahulu dari Pengguna atau pemberitahuan sebelumnya kepada pengguna.
QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) merupakan standarisasi pembayaran menggunakan metode QR Code dari Bank Indonesia agar proses transaksi dengan QR Code menjadi lebih mudah, cepat, dan terjaga keamanannya. QRIS dikembangkan oleh industri sistem pembayaran bersama dengan Bank Indonesia agar proses transaksi dengan QR Code dapat lebih mudah, cepat, dan terjaga keamanannya, agar terhindar dari penyalahgunaan transaksi yang tidak diinginkan tentunya kita sebagai pengguna harus mematuhi syarat dan ketentuan yang berlaku.
Qris Acquirer adalah lembaga keuangan yang menyediakan layanan pembayaran digital kepada merchant atau bisnis. Mereka bertanggung jawab untuk memproses transaksi yang terjadi melalui QRIS code. Acquirer berperan sebagai perantara antara merchant dan pihak yang menerbitkan QRIS. Mereka mendukung penyelesaian transaksi dan pemrosesan pembayaran. Dalam hal ini adalah QoinHub yang bertindak dalam menerbitkan QRIS code serta menyediakan layanan pembayaran digital kepada merchant atau bisnis. QoinHub bertanggung jawab untuk memproses transaksi yang terjadi melalui QRIS.
Tujuan utama dari Qris Acquirer adalah:
QRIS issuer adalah lembaga yang menerbitkan QRIS code. Lembaga ini biasanya sebagai penyedia layanan pembayaran atau lembaga keuangan yang menghasilkan kode QRIS untuk digunakan dalam transaksi pembayaran digital. Dalam hal ini adalah QoinCash sebagai aplikasi yang menggunakan atau melakukan Scanning QRIS code yang diterbitkan oleh QRIS Acquirer.
Tujuan utama dari Qris Issuer adalah:
QRIS dinamis adalah kode QR yang berubah setiap kali digunakan saat melakukan transaksi. QRIS dinamis memberikan tingkat keamanan yang lebih tinggi karena kode QR selalu berubah, sehingga lebih sulit untuk disalahgunakan. QR code dinamis sering digunakan dalam transaksi pembayaran digital untuk menghindari penipuan.
Perubahan terjadwal: Qr code ini akan berubah pada interval waktu tertentu, yang ditentukan oleh penerbit Qris atau penyedia layanan. Yang bertujuan untuk meningkatkan aspek keamanan transaksi.
Informasi transaksi: Qr code ini mengandung informasi transaksi seperti jumlah transaksi dan detail merchant. Informasi ini dapat berbeda setiap kali kode Qr discan ulang.
QR code statis adalah kode QR yang tetap sama setiap kali digunakan. Kode QR ini cocok untuk transaksi yang sering terjadi, seperti pembayaran di toko-toko tetap. QR code statis lebih mudah digunakan untuk bisnis yang tidak memerlukan tingkat keamanan yang tinggi.
Karakteristik Qris Statis:
Fitur QRIS sata ini hanya bisa digunakan untuk sistem pembayaran menggunakan e-wallet dan qoincash.
Setiap merchant yang ingin menggunakan QRIS di layanan QOIN harus mendaftarkan usahanya dengan menggunakan formulir yang kami sudah sediakan, formulir yang terlampir dan menjadi satu kesatuan dengan Perjanjian ini,dimana berisikan kelengkapan seperti dibawah ini :
Setiap merchant yang ingin menggunakan QRIS di layanan QOIN harus mendaftarkan usahanya dengan menggunakan formulir yang kami sudah sediakan, formulir yang terlampir dan menjadi satu kesatuan dengan Perjanjian ini,dimana berisikan kelengkapan seperti dibawah ini :
Biaya diperuntukan untuk Merchant dikarenakan User tidak dikenakan fee ketika menggunakan QRIS. Berikut MDR yang diperuntukan untuk Merchant :
Dasar perhitungan Settlement adalah Laporan Harian, Laporan transaksi harian memuat seluruh transaksi sebelum melakukan cut off pada pukul 09:00 WIB. Laporan Transaksi Refund dilakukan oleh Bank Acquirer. Rekening Settlement tersebut akan digunakan untuk menyelesaikan hak dan kewajiban masing-masing pihak atas semua kewajiban finansialnya.